Virtual Journey, Siswa SAI Palembang Belajar Konservasi Gajah Sumatera di SM Padang Sugihan

BKSDASUMSEL.ORG – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan melalui Resort Konservasi Wilayah XV Pusat Latihan Gajah (RKW XV PLG) Padang Sugihan menerima kunjungan edukasi sejumlah Guru Sekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang. Kunjungan tersebut berlangsung selama 3 hari, mulai 16 sampai dengan 18 Maret 2021 bertempat di RKW XV PLG Padang Sugihan dan sekitarnya.

Kegiatan yang diberi judul “Virtual Journey : Ekspedisi Suaka Margasatwa Padang Sugihan”, dimaksudkan sebagai sarana pembelajaran virtual bagi siswa/i kelas 4 sampai dengan 6, dengan materi antara lain klasifikasi makhluk hidup, pengenalan ekosistem gambut, dan konservasi gajah sumatera.

Guru SAI Palembang menayangkan siaran langsung tentang habitat dan perilaku aktivitas harian gajah binaan serta diskusi dan tanya jawab antara petugas resor yang diwakili polisi kehutanan, paramedis, dan mahout  dengan siswa/i SAI Palembang. Kemudian, dilanjutkan dengan keikutsertaan guru melakukan penanaman pohon jenis sungkai (Peronema canescens), bintaro (Cerbera manghas), dan belangiran (Shorea sp) di PLG Padang Sugihan.

Selain itu, siswa/i juga berinisiatif mengumpulkan donasi bersama dalam bentuk bantuan nutrisi pakan gajah binaan berupa buah-buahan dan bantuan sembako untuk masyarakat desa sekitar di desa Sidomulyo yang dititipkan melalui para guru tersebut.

Terima kasih adik-adik SAI Palembang yang telah bersemangat mengikuti “Virtual Journey”. Semoga masa pandemi COVID-19 dapat segera berakhir, dan adik-adik dapat bercengkerama langsung ke Pusat Latihan Gajah Padang Sugihan, ya!

*Dwi Wiprabowo – Balai KSDA Sumatera Selatan