Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Kepulauan Babel Ke BKSDA Sumsel

BKSDASUMSEL.ORG – Balai KSDA Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel) menerima kunjungan Ketua beserta anggota Panitia Khusus (Pansus) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kepulauan Babel), pada Rabu (3/3). Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi dan konsultasi Raperda Kepariwisataan, bertujuan untuk mendapatkan informasi dan masukan terkait Pemanfaatan Konservasi Sumber Daya Alam dalam pengembangan destinasi wisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Rombongan yang hadir berjumlah 11 orang termasuk pendamping dari unsur Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel, yaitu dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Dinas Kehutanan.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di ruang rapat BKSDA Sumsel tersebut, Kepala Balai beserta jajaran menyampaikan paparan, dalam lingkup kewenangan selaku pengelola kawasan konservasi, yang menjelaskan tentang: (1) potensi Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) pada kawasan konservasi di Provinsi Kepulauan Babel, yaitu Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Permisan, TWA Jering Menduyung, dan Taman Nasional (TN) Gunung Maras, (2) permasalahan dan tantangan pengelolaan kawasan dan pengembangan wisata alam pada kawasan konservasi di Kepulauan Babel, (3) mekanisme perijinan pengusahaan dan kerjasama pengembangan wisata alam di kawasan konservasi (IPPA dan community based), (4) tambahan bahan informasi dan masukan draft Raperda dengan memasukkan daftar peraturan/ konsideran terkait pariwisata alam di kawasan konservasi dan keterkaitan dengan Undang-undang Cipta Kerja beserta turunan Peraturan Pemerintah di sektor Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang baru saja terbit.

Selama kurang lebih 2 jam, pertemuan diwarnai diskusi-diskusi yang dinamis dalam suasana akrab dan konstruktif. Ketua Pansus, H. Akhsan Visyawan, S.ST, M.H beserta anggota yang berasal dari berbagai fraksi di DPRD Kepulauan Babel menyampaikan apresiasi atas fasilitasi, diskusi yang produktif, dan tambahan informasi beserta masukan yang sangat lengkap. Selanjutnya, untuk menindaklanjuti hasil konsultasi dan koordinasi, tim Pansus tersebut akan melakukan kunjungan lapangan ke TN Gunung Maras dengan pendampingan dari petugas BKSDA Sumsel.