Bahas Rencana Kerja Tahunan, BKSDA Sumsel Gelar Rapat Kerjasama dengan PT Pertamina Asset 2

BKSDASUMSEL.ORG – Balai KSDA Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel) bersama dengan PT Pertamina Asset 2 melaksanakan pembahasan rencana kerja tahunan (RKT), pada Rabu (3/3) di kantor BKSDA Sumsel. Pertemuan tersebut dihadiri 18 orang peserta yang melibatkan perwakilan masing-masing field sebagai bagian dari PT Pertamina EP Aset 2 yaitu field Prabumulih, field Pendopo, field Adera dan field Limau, juga secara virtual, Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Lahat hadir menyampaikan kondisi saat ini dan kebutuhan lapangan secara faktual.


Kerja sama antara BKSDA Sumsel dengan PT Pertamina EP Aset 2 telah dimulai sejak 29 Mei 2020 melalui kegiatan penguatan fungsi kawasan dan konservasi keanekaragaman hayati di wilayah kerja SKW II Lahat, dengan ruang lingkup : (1) upaya konservasi Gajah Sumatera, (2) pengawetan flora dan fauna baik di dalam maupun di luar kawasan konservasi, (3) kemitraan konservasi, (4) pemberdayaan masyarakat, dan (5) peningkatan kapasitas SDM.


RKT merupakan detail Rencana Pelaksanaan Program (RPP) kerja sama yang telah disepakati para pihak. Realisasi seluruh kegiatan pada RKT Tahun ke-1 menjadi hal yang menggembirakan para pihak, sehingga menjadi “penyemangat” pada RKT Tahun ke-2 untuk menjadi lebih baik lagi. Dalam rapat ini, dipaparkan seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun ke-2 kerja sama.

Memegang prinsip 3 S (saling percaya, saling menghargai dan saling memberikan manfaat), peserta rapat memberikan sumbangsih pemikiran demi terlaksananya kegiatan sesuai tata waktu yang disepakati. Kepala BKSDA Sumsel mengingatkan terkait salah satu kewajiban yang harus dipenuhi yaitu tertib pelaporan kerjasama diantaranya Laporan Kegiatan dan Laporan Tahunan. Pada akhir pembahasan, para pihak menegaskan komitmen untuk mengkawal pelaksanaan kegiatan sehingga tujuan kerja sama yaitu pelestarian flora dan fauna yang terancam punah secara berkelanjutan berlandaskan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja SKW II Lahat dapat diwujudkan.