Tim Setditjen KSDAE Bina Pejabat Fungsional lingkup BKSDA Sumsel *

BKSDASUMSEL.ORG – Tim Setditjen KSDAE dari bagian kepegawaian, organisasi dan tata laksana melakukan pembinaan jabatan fungsional lingkup KLHK kepada pejabat fungsional PEH, Polisi Kehutanan, dan Penyuluh Kehutanan, serta Tim Penilai Pendahuluan DUPAK Balai KSDA Sumatera Selatan, pada Selasa (23/2) di Kantor Balai KSDA Sumatera Selatan, Palembang.

Dalam pembinaan yang dilakukan, sekaligus mensosialisasikan Peraturan Menteri PANRB (Permen PANRB) terkait jabatan fungsional lingkup KLHK yaitu Permen PANRB Nomor 21 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Polisi Kehutanan dan Angka Kreditnya; Permen PANRB Nomor 73 Tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Kehutanan dan Angka Kreditnya; dan Permen PANRB Nomor 74 Tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan dan Angka Kreditnya.

Sampai dengan saat ini, jumlah pegawai pada masing-masing jabatan fungsional di Balai KSDA Sumatera Selatan terdiri dari Polisi Kehutanan sebanyak 64 orang (40 orang dari inpassing); Pengendali Ekosistem Hutan sebanyak 17 orang (9 orang dari inpassing); dan Penyuluh Kehutanan sebanyak 1 orang.

Melalui sosialisasi Permen PANRB tersebut, diharapkan masing-masing pejabat fungsional dapat segera mempersiapkan diri dalam melakukan pengumpulan angka kredit menyesuaikan kebijakan terbaru tersebut. Selain itu, pembinaan ini juga memberi ruang untuk menggali informasi secara mendalam kepada Tim Setditjen KSDAE sehingga mendapat manfaat yang maksimal.

*Julita Pitria, S.Hut – Penyuluh Kehutanan Muda